Sabtu, 08 Mei 2010

TAMTII

Tamtii yaitu pemberian tambahan di luar dari ketetapan yang berlaku

Allah berirman dalam surat Huud ayat 3 yang artinya
dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertobat kepada-Nya. (Jika kamu, mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.
Maksud ayat diatas adalah orang-orang yang memohon ampun dan bertaubat kepada Allah akan mendapat tambahan pahala yang besar dari Allah.



Ayat ini dapat diterapkan dalam hal mendidik anak, karena mendorong prestasi anak dalam segala aspek kehidupan adalah suatu upaya yang sangat sulit, maka diperlukan berbagai macam kiat suapaya dapat terus merangsang anak melakukan kebaikan dan prestasi. Sebab tidak semua anak memiliki kesadaran cita-cita luhur dan kemampuan menggambarkan masa depan secara jelas. Pengaruh-pengaruh buruk yang yang setiap hari ada di sekitarnya jauh lebih mudah mempengaruhi jalan pikiran dan prilaku mereka. Untuk menanggulangi hal-hal negative semacam itu, orang tua perlu menerapkan berbagai metode penddikan yang isyaratkan didalam al-Quran . metode tamtii ini adalah salah satunya untuk mengantisipasi pengaruh-pengaruh negative terhadap anak dalam kegiatan belajar dan pembinaan akhlak mereka.
Salah satu contoh dalam keseharian sebagai berikut: Orang tua menjanjikan kepada anaknya bahwa kalau ia naik kelas, maka ia akan dibelikan sepeda. Kemudian ternyata si anak naik kelas dengan rangking 1, maka sebagai penghargaan atas prestasi anak, orang tua member tambahan hadiah dengan sebuah jam tangan. Misalnya tambahan jam tangan sebagai hadiah inilah yang disebut dengan tamtii

Tidak ada komentar:

Posting Komentar